Monday, June 30, 2008

[tentang] Stop Gombal Maning*)




Gak perlu jadi anggota LSM atau VJ MTV untuk sekadar berteriak lantang tentang bahaya Global Warming. Beberapa hal yang bisa kita lakukan, setidaknya yang pernah saya lakukan sehari-hari :


1. Kurangi Pengunaan Plastik
Jika memesan minuman di tempat makan, saya sudah membiasakan untuk tidak mengunakan sedotan. Jika membeli buku, aqua, sewa CD, atau alat-alat lainnya, saya cenderung untuk langsung memasukkan ke tas yang saya bawa atau ke dalam saku jaket. Kantong kresek yang diberikan, langsung saya balikin ke mas/mbak pramuniaganya. Jika ada kantong kresek di rumah, saya cenderung untuk menyimpannya, tidak kemudian langsung dibuang di tempat sampah. Sesedikit mungkin kantong kresek yang saya pakai atau buang.

2. Gunakan Kertas Bekas / Bolak balik
Kalender lama, saya potong dan saya bendel untuk jadi notes... kertas HVS sisa skripsi yang salah print, saya simpen untuk saya gunakan lagi jika ada artikel atau tutorial yang perlu saya pelajari. Bekas brosur kerap saya gunakan sebagai memo yang saya tempel di white board atau kulkas. Begitu juga di kantor, kertas salah print juga saya gunakan meski hanya untuk membuat coret-coretan.

3. Menghemat Listrik
Lampu neon untuk aquarium hanya saya nyalakan untuk "pamer" jika ada seseorang bertamu di rumah saya. Dispender juga saya hidupkan beberapa saat sebelum menyeduh teh, coklat atau susu, lalu saya matikan segera setelahnya. Saya juga memilih kulkas yang memiliki dispenser dengan asumsi akan mengemat lampu dan suhu kulkas. Saya hanya menggunakan satu lampu di teras meski ada dua fitting lampu terpasang.

foto : www.greenenergyonline.org
*) gombal maning : plesetan dagadu untuk global warming

Rock d World!
rio_nisafa

No comments: