Tuesday, December 07, 2004

CERITA TENTANG PINDAH KANTOR

Dalam minggu ini, tempat kerjaku akan melakukan pindah kantor. Tak ada yang special, karena sudah beberapa kali aku pindah rumah dan pindah kantor. Namun yang menarik kali ini, adalah adanya "perhitungan" mengenai perpindahan ini. Orang biasanya menyebutnya sebagai Fengshui untuk mencari hari dan arah yang baik. Dan ternyata menurut orang yang mempercayainya, segala sesuatu harus dihitung secara matang.
 
Aku bukannya tidak menghormati orang yang percaya fengshui. Dan aku tetap menghargai kepercayaan mereka. Tetapi bagiku semua hari itu baik, gak ada waktu yang salah dan semua arah itu sama saja.
 
Namun jika ditanya apakah waktu dan arah saat pindah ke lokasi baru akan mempengaruhi bisnis kita, maka aku menjawab "ya". Dan dalam kata lain, perpindahan itu akan membawa  pengaruh pada bisnis atau tepatnya keuntungan yang kita terima.
 
Karena pernah jadi wartawan di sebuah media cetak, aku akan memberi contoh bisnis media. Tabloid anaka-anak Fantasia mampu memperoleh oplah yang sangat tinggi, saat launching. Hal ini dikarenakan waktu launching bertepatan dengan demam Satria Baja Hitam. Trend yang melanda anak2 dimanfaatkan secara tepat oleh tabloid tersebut.  Begitu juga dengan tabloid Aura, yang di awal hadirnya mampu memenuhi rasa ingin tahu khalayak dengan berita kematian Lady Di. Harian Solo Pos terbit saat terjadinya huru-hara Mei 98 dan ketika akses informasi ke dan dari kota Solo terhambat, bahkan oleh media massa lainnya.
 
Dua Departemen Store di jogja, melakukan launching pada pertengahan bulan puasa. Inilah waktu yang tepat untuk membuka bisnis fashion, dimana permintaan akan baju baru meningkat mendekati hari lebaran. Apa jadinya jika keduanya launching pada setelah hari lebaran ? Toko sepi karena gak ada konsumen adalah sebuah jawaban pasti,
 
Begitu juga dengan Alfa Gudang Rabat cabang Jogja. Alfa memilih lokasi di Jalan Solo di utara jalan. Perhitungan ini merupakan pilihan yang tepat karena berada di sebelah kiri dari jalan utama (arah dari kota jogja). Dengan memilih di lokasi tersebut, maka akan memudahkan konsumen untuk belanja ke Alfa. Jika berada di kanan, jalan maka akan membuat konsumen memutar jalan dan tentunya akan sedikit menyulitkan.
 
Waktu dan tempat inilah yang harus diperhatikan. Media2 tersebut tidak akan memperoleh pembaca yang banyak jika terbit pada waktu yang salah, Departemen store atau swalayan akan sepi pengunjung jika salah arah. Mencari moment dan arah yang tepat ini bukanlah perkara yang mudah. Ada "PERHITUNGAN RASIONAL" di dalamnya, sesuatu yang bisa dilakukan dengan akal sehat dan logika.
 
Tetapi FENGSHUI ? Seperti apakah hari dan lokasi baik itu ? Mencari waktu dan arah yang tidak menghadap aura negatif, menyesuaikan dengan yin-yang, weton, shio, unsur kehidupan (udara,air,tanah,logam ?) atau hal-hal lainnya ?
 
Atau aku saja yang belom belajar fengshui ? 
 
Rock d World
rio_nisafa

No comments: