Monday, December 27, 2004

CERITA TENTANG TAHUN BARU

Suatu ketika aku pernah membaca cerita tentang Tahun baru dari Majalah Donald Bebek. Diceritakan Paman Donal tengah berencana untuk berbuat sesuatu yang lebih baik di tahun baru itu. Ia telah berjanji pada diri agar semua hal ia lakukan ditahun mendatang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.
 
Namun sikap malasnya dan kenakalan ketiga keponakannya menjadikan Donald gagal melakukan apa yang telah ia rencanakan.
 
Dari cerita itu, aku teringat bahwa alangkah baiknya kita membuat rencana pada awal tahun, sebagai pedoman untuk melangkah di tahun mendatang. Bahwa donald, yang selalu malas, pesimis, dan selalu sial itu saja membuat berbagai perbaikan atas dirinya. Namun yang namanya Donald, ia selalu gagal dalam stiap hal.
 
Untuk itu, tahun 1998 aku membeli sebuah agenda kecil di KOPMA, dan aku mulai mengisi untuk sepanjang tahun mengenai apa yang harus aku lakukan untuk satu tahun itu.Dan agenda itu penuh dengan berbagai jadwal bayar SPP, KRS,ujian, hingga seminar.
 
Dan di akhir 2001, aku juga membeli agenda untuk tahun 2002, ketika aku mencoba memilih agenda, ada agenda kerja yang cukup besar. Di dalamnya ada berbagaitabel, grafik hingga laporan keuangan. Yang aku bayangkan orang yang punya agenda itu selalu merencanakan berbagai aktivitasnya dalam setahun.
Sedangkan aku, selama beberapa tahun ini, hanya mencatat apa-apa yang telah direncanakan oleh orang lain, seperti jadwal kuliah atau jadwal seminar.
 
Rock d World
rio_nisafa

No comments: