Sunday, January 24, 2010

Kanan Kiri Oke

" Coba tangan satunya di keyboard, satunya pegang mouse "

Kalimat tersebut saya tujukan pada anak PKL, seorang siswi SMK yang tengah magang di kantor beberapa minggu silam. Kedatangan anak PKL bagi saya pribadi sangat-sangat menguntungkan, setidaknya meringankan beban kerja yang terlihat sederhana seperti foto kopi, mengantar surat, dan sebagainya. Bahkan beberapa kali saya meminta mereka untuk melakukan pekerjaan yang lebih "menantang", mengetik surat di komputer... perlu saya tegaskan memakai komputer, karena di kantor saya, mesin ketik manual masih kerap digunakan.

Kata-kata di atas saya lontarkan saat mereka masih mengunakan satu tangan saat berhadapan komputer. Saat mengetik mereka hanya mengunakan tangan kanan, saat mengunakan perintah format huruf dan sebagainya tangan kanan mereka berpindah dari papan tetulis ke tetikus. (bener gak ya ejaannnya gini ???). Saya tidak menyalahkan mereka, para anak PKL yang baru pertama kali beradaptasi di dunia kerja. Namun saya merasa lebih gregetan... seharusnya tugas saya lebih cepat selesai jika mereka mampu mengoperasikan komputer dengan dua tangan sekaligus.

Tentang mengunakan dua tangan, tangan kiri di keyboard dan tangan kanan di mouse sebenarnya saya pelajari juga dari seorang teman Jodhi, beberapa tahun silam. Dari ia lah saya belajar bagaimana mengunakan dua tangan dalam mengoperasionalkan komputer. Ia adalah designer di sebuah biro iklan lokal di kota Jogja; dimana saya pada saat yang sama saya diberi job desc sebagai copywriter dan wartawan.

Saya melihat bagaimana Jodhi mampu mengedit sebuah foto atau melayout sebuah iklan dengan lebih cepat dengan dua tangan yang aktif. Tangan kiri di keyboard ia gunakan untuk perintah keyboard shortcut dan tangan kanan digunakan untuk mengedit sebuah obyek, layer atau seleksi dalam aplikasi CorelDraw atau Photoshop.

Ternyata bukan hanya dalam aplikasi grafis, penerapan dalam Microsoft Office, seperti Word pun menjadi saya lebih cepat untuk mengetik maupun mempercantik tampilan tulisan. Begitu juga saat kita menerapkan berbagai perintah keyboard shortcut dalam Windows Operating System.

Setelah melontarkan kalimat di atas dan memberi sedikit contoh kepada anak PKL ..... saya lantas berpikir ada apa dengan tangan kiri ?

Mengapa tangan kiri jarang sekali kita gunakan ? Apakah makan dengan dua tangan, sendok dan garpu membuat waktu makan kita lebih pendek ? Saat merokok, bersisir, menyapu atau kegiatan apapun dengan tangan kanan, sedang apakah tangan kiri ? Mengapa guru SD tidak membebaskan kita untuk menulis dengan tangan kiri ?

Saya lantas teringat Leonardo di Caprio.... Eh, bukan Leonardo yang jadi Jack Dawson dalam Titanic, tetapi Leonardo da Vinci.... Konon ia bisa menggambar dengan memakai tangan kanan dan menulis dengan tangan kiri..... Adakah orang lain seperti dia yang mampu melakukan hal serupa ? Entahlah, mungkin anda mau mencoba ??

1 comment:

Anonymous said...

[url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Cheats[/url] provides you with a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-money-maker/]Club Penguin Money Maker[/url] that permits you to gain a lot of coins in Club Penguin.
[url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Cheats[/url] also provides you with [url=http://cpcheat.org/club-penguin-trackers/]Club Penguin Trackers[/url] such as a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-aunt-arctic-tracker/]Club Penguin Aunt Arctic Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-cadence-tracker/]Club Penguin Cadence Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-gary-tracker/]Club Penguin Gary Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-band-tracker/]Club Penguin Band Tracker[/url], a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-rockhopper-tracker/]Club Penguin Rockhopper Tracker[/url], and a [url=http://cpcheat.org/club-penguin-sensei-tracker/]Club Penguin Sensei Tracker[/url].
Finally,[url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Cheats[/url] provides you with [url=http://cpcheat.org/club-penguin-bots/]Club Penguin Bots[/url] and [url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Mission Cheats[/url] and [url=http://cpcheat.org/]Club Penguin Coin Cheats[/url]